https://besibesi.com/images/blog/medium_CF1A279A-342F-6137-79C7-D51FB8C26E71.jpg

Besi memang menjadi salah satu material terpenting dalam proyek pembangunan. Besi sendiri memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yaitu besi pipa atau yang sering disebut juga pipa besi. Di banyak negara, pipa memiliki peranan penting sebagai media pengalir gas dan air, atau unsur kimia lainnya. Dengan begitu, bahan tersebut bisa dengan cepat berpindah tanpa tumpah atau rusak sekalipun. Untuk aliran zat kimia atau zat yang bervolume besar, tentulah pipa yang dibutuhkan adalah pipa logam, bukan pipa non logam. Pipa logam inilah yang sering disebut besi pipa.

Pipa logam sendiri sebenarnya juga menjadi 2 jenis, yakni ferrous dan non ferrous. Pipa ferrous merupakan pipa yang mengandung unsur besi, sedangkan non ferrous tidak ada kandungan besinya. Untuk pembangunan proyek besar, biasanya pipa ferrous lebih sering digunakan. Pipa ini bisa ditemukan di berbagai toko bahan bangunan, termasuk di toko bangunan murah di Palembang atau daerah lainnya. Bagi Anda yang sedang ingin membeli pipa jenis ini, berhati-hatilah saat memilihnya. Berikut kami berikan cara memilih pipa besi yang benar.

1. Ketahui Ukurannya

Seperti jenis besi lainnya, pipa besi atau baja juga memiliki ukuran tersendiri. Ukuran pertama yaitu Nominal Pipe Size (NPS). Pipa berukuran NPS biasanya lebih sering dipakai di negara Amerika. Umumnya, pipa ini memiliki satuan inci untuk ukurannya. Namun, hanya pipa yang berdiameter 1/4 – 12 inci saja yang termasuk pipa NPS.

Ukuran kedua yaitu DN atau Diameter Normal. DN biasanya diterapkan di area Eropa dan negara sekitarnya. DN menggunakan satuan milimeter untuk penghitungan diameternya. Di Indonesia sendiri, pipa dengan ukuran DN masih jarang digunakan. Umumnya toko bangunan lebih sering menjual pipa dengan satuan ukur NPS.

Ukuran yang terakhir adalah OD atau Outside Diameter, yaitu satuan ukur khusus untuk pipa berukuran besar. OD menggunakan satuan milimeter atau inci untuk mengukur diameter pipa dari ujung terluar hingga ujung luar sisi satunya.

2. Pahami Bahan Pipa

Meskipun namanya pipa besi, ternyata tidak semua pipa dibuat dari bahan yang sama. Bahan pertama yang digunakan adalah baja. Pipa yang terbuat dari baja biasanya digunakan untuk industri manufaktur atau konstruksi bangunan. Baja sendiri terbuat dari campuran karbon dan besi yang dilelehkan.

Bahan lainnya yang sering digunakan adalah baja karbon. Pipa dengan bahan dasar ini umumnya memiliki unsur karbon lebih banyak. Selain kedua bahan tersebut, ada juga pipa yang terbuat dari baja campuran. Ini merupakan campuran dari titanium, nikel dan kromium. Tak heran pipa ini akan lebih kokoh, tahan korosi, dan juga aman bagi manusia. Yang terakhir yaitu pipa berbahan dasar besi tempa. Pipa dengan bahan dasar ini biasanya tidak akan kuat. Tetapi, kelebihan pipa ini adalah tahan terhadap oksidasi logam dan juga korosi.

Dua hal tersebut merupakan hal yang harus dipahami saat memilih pipa. Apapun konstruksi yang Anda buat, pastikan menggunakan pipa besi yang tepat dan berkualitas. Toko Besi Awi memiliki bermacam varian pipa besi dengan berbagai jenis dan ukuran. Toko Besi Awi adalah toko bangunan murah di Palembang yang sudah terpercaya dan terjamin kualitas produknya. Soal harga, Anda bisa cek sendiri bagaimana terjangkaunya harga besi di sini! Demi memenuhi kebutuhan konsumen, Toko Besi Awi memberikan pelayanan order online sekaligus delivery. Dengan begitu, Anda bisa penuhi pasokan bahan bangunan kapan pun dan di manapun.

Sumber : https://besiawi.com/pahami-dua-hal-ini-saat-memilih-pipa-besi-di-toko-bangunan/

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: libraries/Lib_viewer.php

Line Number: 17

Backtrace:

File: /home/admbesibesi/public_html/application/libraries/Lib_viewer.php
Line: 17
Function: _error_handler

File: /home/admbesibesi/public_html/application/modules/fcglobal/views/front_footer.php
Line: 168
Function: add

File: /home/admbesibesi/public_html/application/third_party/MX/Loader.php
Line: 357
Function: include

File: /home/admbesibesi/public_html/application/third_party/MX/Loader.php
Line: 300
Function: _ci_load

File: /home/admbesibesi/public_html/application/modules/blog/views/v_detail.php
Line: 122
Function: view

File: /home/admbesibesi/public_html/application/third_party/MX/Loader.php
Line: 357
Function: include

File: /home/admbesibesi/public_html/application/third_party/MX/Loader.php
Line: 300
Function: _ci_load

File: /home/admbesibesi/public_html/application/modules/blog/controllers/Blog.php
Line: 114
Function: view

File: /home/admbesibesi/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once