https://besibesi.com/images/blog/medium_BB4BF2A6-8E05-D579-BF49-A37C07B1C9A2.jpg

Besi baja merupakan sebuah logam yang sangat penting keberadaannya dalam dunia pembangunan. Hal ini disebabkan karena kegunaan besi baja yang sangat luas.

Lalu apa itu besi baja dan manfaat yang dimilikinya dalam dunia pembangunan? Berikut ini adalah ulasannya.

Mengenai besi baja

Sebagian orang pasti sudah mengenal dengan baik mengenai besi baja ini, besi baja merupakan sebuah logam yang dibuat dengan menggunakan campuran besi dan juga karbon. Besi merupakan unsur dasar yang dimiliki oleh besi baja sedangkan karbon merupakan campuran utama yang dimilikinya.

Banyaknya campuran karbon dalam sebuah besi baja adalah hal yang akan membedakan grade dari sebuah besi baja. Tujuan dari pencampuran bahan karbon dalam besi baja adalah untuk membantu mengeraskan besi tersebut sehingga kegunaan besi baja bisa menjadi sangat luas.

Selain memiliki campuran karbon, besi baja juga memiliki campuran lainnya seperti mangan, krom, vanadium dan masih banyak yang lainnya. Campuran yang ada di dalam besi baja inilah yang menjadikan besi baja memiliki sangat banyak manfaat.

Durabilitas yang tinggi karena sifatnya yang kerasa adalah salah satu nilai plus dari besi baja yang menyebabkannya memiliki pemanfaatan sangat besar.

Manfaat dari besi baja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, besi baja memiliki tingkat durabilitas yang tinggi sehingga sangat besar pemanfaatannya dalam dunia konstruksi. Dalam dunia konstruksi, makin tinggi ketahanan yang dimiliki oleh sebuah bahan maka makin baik bahan tersebut.

Mengapa?

Karena dalam dunia konstruksi sebagian besar perlengkapan yang di bangun akan berhadapan dengan air dan juga hal-hal lainnya yang dapat menyebabkan korosi atau kerusakan yang lain jika sebuah bahan memiliki ketahanan yang tinggi maka bahan tersebut akan banyak digunakan.

Besi baja merupakan bahan yang sangat kuat sehingga pemanfaatannya dalam dunia konstruksi sangat besar dan bisa digunakan disegala bidang. Berikut ini adalah kegunaan besi baja dalam pembentukan perkakas-perkakasnya.

Pembangunan gedung

Salah satu kegunaan yang dimiliki oleh besi baja merupakan pembangunan gedung. Dalam pembangunan gedung ada banyak jenis gaya yang digunakan akan tetapi besi baja tidak bisa ditinggalkan.

Hal ini lagi-lagi disebabkan karena durabilitasnya yang tinggi. Bukan hanya itu jenis besi baja juga banyak sehingga pemanfaatannya juga besar. Salah satu jenis besi baja yang banyak digunakan dalam bidang pembangunan gedung adalah besi baja ringan.

Baja ringan adalah baja yang memiliki ketahanan yang tinggi tapi memiliki bobot yang ringan. Hal ini menyebabkannya banyak dimanfaatkan untuk pembangunan atap dari sebuah bangunan.

Pembangunan sarana transportasi

Salah satu kegunaan besi baja yang bisa ditemukan dengan mudah adalah dalam pembangunan sarana transportasi. Salah satu fasilitas umum dalam dunia tansportasi yang dibangun dengan menggunakan besi baja adalah rel kereta api.

Seperti yang kita tahu rel kereta api adalah rel yang akan terpapar panas dan juga hujan. Oleh karena itu pembangunannya membutuhkan bahan-bahan yang anti panas dan juga anti karat seperti besi baja.

Selain untuk pembuatan fasilitas transportasi sepeti rel kereta api, besi baja juga bisa digunakan untuk membangun fasilitas transportasi yang lain seperti untuk jalan.

Ya, saat ini membangun jalan raya atau jalan pada umumnya sering kali digunakan beton sehingga diperlukan rangka dalam pembuatannya. Besi baja merupakan bahan rangka yang banyak dipilih karena kegunaan besi baja yang sangat besar dan juga kemampuan ketahanannya yang tinggi.

Besi Baja untuk Konstruksi

Prima Besi menyediakan macam-macam profil baja untuk konstruksi, contohnya besi WFH-BeamUNP, dll. Hubungi kami untuk penawaran harga dan kualitas terbaik.

Sumber : https://www.primabesi.com/kegunaan-besi-baja/